.

Tulisan Tangan Zaura Anggira, Siswa SMP 3 Padang Sidimpuan, Dipajang di Istana Negara

Penulis: Anwar Dani Giawa | Jurnalis Sinar Tabagsel di Jakarta

Zaura Anggira, siswa SMP Negeri  3 Kota Padang Sidimpuan, sedang menuliskan kalimat "Tarimo kasih Bapak Jokowi" dalam aksara Batak Angkola di atas piagam yang akan diberikan kepada Presiden Joko Widodo.  (SINAR TABAGSEL | ANWAR DG)  

Zaura Anggira, siswa SMP Negeri  3 Kota Padang Sidimpuan, dipilih jadi satu dari enam daerah yang menuliskan ucapan terima kasih  menggunakan aksara Batak Angkola. Hasil tulisan itu diterakan di atas piagam yang akan diserahkan Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Ristek, Nadiem Makarim, kepada Presiden Joko Widodo pada puncak perayaan Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional 2023 di Hotel Sultan Jakarta, 12-16 Feberuari 2023.

"Piagam itu nantinya akan dipajang Presiden RI di dinding Istana Negara," kata Rony Saputra Siregar, pendamping dan pelatih siswa dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Sidimpuan di Jakarta, saat ditemui di hari terakhir Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional 2023 di Hotel Sultan Jakarta, Kamis, 16 Februari 2023. 

BACA | Empat Pelajar dari Padang Sidimpuan Diundang ke Jakarta soal Bahasa Daerah

Zaura yang diundang ke Jakarta sebagai wakil siswa asal Kotya Padang Sidimpuan karena kemampuannya menulis dalam akasara Batak Angkola, didampingi Rony Saputra Siregar sebagai pendamping utama dan pelatih siswa Kota Padang Sidimpuan.

"Ini sebuah kebanggaan bagi siswa-siswa di Kota Padang Sidimpuan. Tulisan tangan dalam bahasa Angkola akan ada di Istana Negara, dan siswa Kota Padang Sidimpuan yang menuliskannya," kata Rony. "Bunyi tulisan itu 'Tarimo kasih Bapak Jokowi'".

Sebelumntya, Sinar Tabagsel memberitakan, sejumlah siswa tingkat SD dan SMP dari Kota Padang Sidimpuan dikirim mengikuti acara Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional 2023 ke Jakarta.  Anak-anak didik SD dan SMP itu sebelumnya mewakili Kota Padang Sidimpuan dalam acara serupa yang digelar di Balai Bahasa Sumatra Utara.

Tulisan tangan Zaura berada di barisan ke-enam. 

Prestasi mereka di BBSU membuat anak0-anak diundang ke Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional 2023 yang digelar bersamaan dengan peringatan Hari Bahasa Ibu Nasional.  Siswa SD dan SMP yang diundang itu adalah: Aflah Mubarok dari SD 200507 dan membawakan lawak tunggal berbasis pantun berbahasa Angkola,  Hasan Ali Yuda dari SD 200121 (pantun motivasi berbahasa Angkola ), Zaura Anggira dari SMP Negeri  3  Padang Sidimpuan untuk kegiatan Aksara Batak Angkola. Selain itu, Naysila Chelsea Aminah dari SMP Negeri  1 Padang Sidimpuan untuk penulisan cerpen berbahasa Angkola.


Tidak ada komentar

Beranda