.

Ustad Yasir Ahmadi Jadi Kapolres Tapanauli Selatan

 

Yasir Ahmadi saat masih Kompol dan menjabat Kapolsek Sunggal, dekat dengan masyarakat sebagai ustad 

Jurnalis: Juan Sitorus | Editor: Budi Hutasuhut

AKBP Yasir Ahmadi ditunjuk Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolres Tapanuli Selatan  berdasarkan Surat Telegram Nomor: 2866/XII/KEP/2023 tanggal 28 Desember 2023. Dia menggantikan posisi AKBP Imam Zamroni yang dimutasi menjadi Kapolres Ogan Komering Ulu di Polda Sumatera Selatan.

Suatu hari, ketika Yasir Ahmadi menjabat sebagai Kapolsek Sunggal, dia menjadi khotib sholat Jumat di Mesjid Raya Medan. Dia mengganti seragam Korps Bhayangklara dengan gamis. Saat itulah, ada jemaah yang melihat, dan akhirnya mengetahui kalau dia adalah Kapolsek Sunggal. 

"Saya sering mengisi khotbah sholat Jumat," kata Yasir Ahmad kepada presnter DAI TV yang mewawancarainya. "Orang-orang sering menuduh apa yang saya lakukan sebagai pencitraan."

AKBP Yasir Ahmadi seorang dai, ustad, atau penceramah agama Islam. Dia mengaku melakukan hal itu karena ingin mempunyai manfaat bagi orang banyak, di samping dia berasal dari keluarga ustad. Ayahnya seorang ustad, yang selalu mengingatkan kepadanya betapa pentingnya menyampaikan dakwah agama kepada ummat.

Pesan orang tua itulah yang selalu diingatnya.  Masyarakat pun akhirnya mengenal dirinya sebagai polisi yang merangkap ustad. 

Sebagai polisi, sudah lama dia bertugas di lingkungan Polda Sumatra Utara meskipun penugasan pertamanya sebagai alumni Akpol tahun 2005 menjadi perwira di Polda Riau. Dia berpindah-pindah tugas mulai dari Polres Langkat sampai terakhir menjadi Kabag Operasional Polrestabes Medan. 

AKBP Yasir Ahmadi kelahiran Kota Padang Sidimpuan pada 25 November 1983, anak kedua dari lima bersaudara, pasangan H Ahmad Syaukani dan Farida Hanum. Lulus SMU 2 Plus Matauli Sibolga tahun 2002, dia mengikuti pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) di Semarang.

Tahun 2006, Yasir Ahmadi mengemban amanah sebagai Kanit Regident Sat Lantas Polres Dumai. Sempat menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Dumai. Perwira yang pernah tercatat membongkar kasus perompakan kapal asing ini juga pernah menjabat sebagai Paur Kerma Dit Lantas Polda Riau.

Pada tahun 2013, suami dari Meilinda Maryam, yang merupakan dosen di kampus negeri ini lulus mengikuti pendidikan kesarjanaan di PTIK Jakarta. Dia pun kemudian menyandang pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP). 

Setelah berpangkat AKP, dia ditugaskan ke tanah kelahirannya, Sumatra Utara dan menjadi Kapolsek Lubukpakam. Pada tahun 2014, Yasir Ahmadi mendapat promosi jabatan ke Polres Langkat menjadi Kasat Reskrim Polres Langkat.

Yasir Ahmadi juga pernah beberapa kali menjabat sebagai Kapolsek di jajaran Polrestabes Medan dan Polres Pelabuhan Belawan. Dia pernah menjabat sebagai Kapolsek Medan Labuhan, Kapolsek Patumbak dan Kapolsek Sunggal. Dia juga pernah tercatat menjabat sebagai Kasubdit 4 Ditreskrimsus Polda Kalbar.

Saat menjabat sebagai Kapolsek Sunggal, Yasir Ahmadi bahkan pernah mendapatkan penghargaan pin emas dari Kapolri, yang saat itu masih dijabat oleh Jenderal Pol Tito Karnavian. Yasir Ahmadi mendapat penghargaan sebagai polisi teladan, penggerak revolusi mental dan pendorong tertib sosial di ruang publik tahun 2019.

Setelah menyandang pangkat AKBP, Yasir Ahmadi dipercaya menjabat sebagai Kabag Ops Polrestabes Medan. Selanjutnya, kini ia pun dipercaya mengemban amanah sebagai Kapolres Tapanuli Selatan.

Tidak ada komentar

Beranda