.

Para Youtuber Viralkan Kondisi Batu Jomba yang Rusak


Jurnalis: Ronald Hutapea | Editor: Budi P Hutasuhut  

Tanjakan Batu Jomba yang ekstrem dan rutin memakan korban pengendara kendaraan, terutama sopir-sopir truk berkapasitas besar,  mengundang para yuotuber partikelir datang mengabadikan momen saat truk-truk mengalami kecelakaan.  Video yang mereka hasilkan dan disiarkan di akun Youtube, selalu menjadi viral, ditonton jutaan kali, dan diunggah berkali-kali bahkan sampai ke luar negeri.

Memakai peralatan seadanya berupa kamera handphone, Ronald Hutapea mengambil gambar sebuah truk yang melaju menuju tanjakan ekstrem Batu Jomba. Berdiri di pinggir jalan raya, kreator video Youtuber yang memiliki akun Sarjana Jalanan  ini, mengikuti truk engkel yang sarat beban. Di dalam video berdurasi  15 menit  yang diunggah pada 21 November 2023, tampak truk engkel BB-5823-FP merayap dan tertatih melewati tanjakan Batu Jomba. 

Belum sampai ke bagian jalan yang landai, mesin truk mendadak berhenti. Sopir kesulitan mengendalikan kemudi karena tenaga mesin nmendadak lemah. Upaya sopir menginjak pedal gas lebih dalam justru membuat roda tertanam di tumpukan batu split dan koral. Warga terpaksa mengganjal roda agar truk itu tak mundur dan akhirnya tergelincir. Namun demikian, truk engkel itu akhirnya terperangkap di tumpukan batu split sehingga harus ditarik dengan truk lain.

Sarjana Jalanan bukan satu-satunya akun Youtube yang menyiarkan video-video peristiwa terbaru yang terjadi di tanjakan Batu Jomba. Ada akun CCTV Batu Jomba, Batujoma TVCCTVSipirokofficial, CCTVRodahitam, dan lain sebagainya. yang rutin menyiarkan peristiwa ketika sopir-sopir truk kesulitan melewati tanjakan ekstrem Batu Jomba. 

Para Youtuber pengelola akun di Youtube itu sengaja datang  dan menunggu momentum di sekitar tanjakan ekstrem Batu Jomba. Tiap hari, lima sampai 10 Youtuber berdiri di pinggir jalan, siap dengan peralatan sederhana berupa handphone. 

"Masyarakat ingin tahu kondisi terbaru dari Batu Jomba," kata Ronald Hutapea yang video-video di akun Sarjana Jalanan miliknya berkali-kali viral. Bahkan, para netizen yang menonton video-video itu acap menanyakan kabar terbaru dari Batu Jomba. 

Beberapa sopir truk yang ditemui Sinar Tabagsel   mengaku, mereka sangat terbantu oleh informasi yang disampaikan para youtuber lewat akun Youtube mereka. Tidak jarang, sebelum memutuskan berangkat, para sopir mengaku lebih dahulu memastikan kondisi di Batu Jomba melalui laporan langsung yang disampaikan para Youtuber

 

 

Tidak ada komentar

Beranda