.

327 Caleg Kota Padang Sidimpuan Berebut 30 Kursi Dalam Pemilu 2024

Efry Nasaktion | Jurnalis Sinar Tabagsel

Dari 327 calon anggota DPRD Kota Padang Sidimpuan yang berasal 15 partai politik peserta Pemilu 2024,  hanya 30 yang akan terpilih menjadi anggota legislatif periode 2024-2029. 

KPU Kota Padang Sidimpuan sudah mengumumkan sebanyak 327 calon anggota DPRD Kota Padang Sidimpuan yang masuk daftar calon tetap (DCT) dalam Pemilu 2024 mendatang. Ratusan nama itu ditetapkan sesuai Berita Acara Rapat Pleno KPU Kota Padang Sidimpuan Nomor 120 tahun 2023 tentang daftar calon tetap (DCT) Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan. 

Sebanyak 30 diantaranya merupakan para incumbent, terutama elite-elite partai politik yang mendapat kursi pada Pemilu 2019 lalu. Ke-30 incumbent anggota legislatif Kota Padang Sidimpuan ini terdiri dari 6 orang dari Golkar, 4 orang Gerindra, 4 orang dari PAN, 3 dari PDIP, 3 (Hanura), 3 (Demokrat), 2 (PKS), 2 (PPP), dan PKB, PKPI serta PBB masing-masing satu orang. 

Dari 30 incumbent anggota DPRD Kota Padang Sidimpuan periode 2019-2024, sebanyak 11 orang berasal dari daerah pemilihan (dapil) Padang Sidimpuan 1 (Padangsidimpuan Hutaimbaru dan Padangsidimpuan Utara). Sepuluh lainnya berasal dari dapil Padang Sidimpuan 2 (Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu, Padangsidimpuan Batunadua, dan Padangsidimpuan Tenggara). Sisanya sebanyak 9 orang berasal dari Dapil Padang Sidimpuan 3 (Kecamatan Padangsidimpuan Selatan).

Dari DCT yang diumumkan KPU Kota Padang Sidimpuan,  sebanyak 30 incumbent anggota DPRD Kota Padang Sidimpuan tetap mencalon dari dapil sebelumnya. Misalnya, para pimpinan partai politik memilih mencalon dari dapil Padang Sidimpuan 3 seperti Ketua Partai Gerindra Kota Padang Sidimpuan, Rusydi Nasution, Hj. Taty Ariyani Tambunan (Ketua PDI-P Kota Padang Sidimpuan), Ahmad Yusuf Nasution (Ketua PKB Kota Padang Sidimpuan), Erwin Nasution (Ketua PAN Kota Padang Sidimpuan), Marataman Siregar (Ketua Hanura Kota Padang Sidimpuan),  dan sebagainya.

Dari pemantauan Sinar Tabagsel, sebanyak 327 caleg yang terdiri dari 210 merupakan laki-laki dan 117 sisanya perempuan, sudah mulai melakukan kampanye yang sifatnya tersembunyi. Namun, para caleg belum ada yang menyebarkan alat peraga kampanye (APK). Sejumlah caleg yang ditemui mengaku masih menunggu pengumuman resmi masa kampanye. 


Tidak ada komentar

Beranda