.

Pemilu 2024 di Kota Padang Sidimpuan, Ada 416 Bacaleg yang Diajukan Parpol

Penulis: Budi Hutasuhut | Jurnalis Sinar Tabagsel

Ketua Partai Gerindra Kota Padang Sidimpuan, H.Rusidy Nasution, mendaftarkan bacaleg partainya ke
KPU Kota Padang Sidimpuan

Para anggota legislatif di Kota Padang Sidimpuan periode 2019-2024 yang masih aktif, ikut terdaftar dalam 416 bakal  calon anggota legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2024 mendatang.  

Wajah-wajah baru dalam peta porpolitikan di Kota Padang Sidimpuan, wajah dari orang-orang yang diharapkan partai politik (parpol) bakal memenangi kursi di DPRD untuk periode 2024-2009, banyak juga yang muncul. Wajah-wajah baru itu bukan saja berasal dari peserta Pemilu 2024 yang merupakan parpol baru, tetapi juga dari 11 parpol yang pada Pemilu 2009 lalu berhasil mendapatkan kursi di DPRD Kota Padang Sidimpuan.

Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kota Padang Sidimpuan telah menutup pendaftaran bacaleg untuk Pemilu 2024 mendatang, Senin, 15 Mei 2023, ditandai dengan tidak bisa lagi mengakses website berisi sistem aflikasi pencalonan (silon). Dari 18 partai politik (parpol) yang terdaftar sebagai peserta Pemilu 2024,  ada tiga parpol yang tidak mengajukan bacaleg. 

Dari 416 bacaleg yang telah diajukan 15 parpol itu,  KPU Padang Sidimpuan masih harus meneliti kelengkapan berkas setiap bacaleg. Besar kemungkinan, jumlah 416 bacaleg yang akan dipilih masyarakat konstituen pada Pemilu 2024 mendatang akan berkurang. KPU Padang Sidimpuan akan memeriksa setiap berkas bacaleg, menyesuaikan dengan persyaratan-persyaratan yang ada. 

Sejumlah pengurus parpol yang ditemui Sinar Tabagsel, mengaku optimistis KPU Kota Padang Sidimpuan akan mengesahkan bacalag menjadi caleg untuk Pemilu 2024. Mereka berharap, bacaleg yang didaftarkan akan memenangi sebagian besar dari 30 jumlah kursi yang disediakan di DPRD Kota Padang Sidimpuan.

"Mudah-mudahan tidak ada kekurangan dalam berkas bacaleg. Kalau pun ada, kami siap membenahi kekurangan tersebut," kata H Rusydi Nasution, ketua Partai Gerindra Kota Padangsidimpuan.

Nama H. Rusydi Nasution ikut dalam daftar bacaleg Partai Gerindra Padang Sidimpuan dari daerah pemilihan (dapil) 3, dapil sama yang membuatnya memperoleh 1.712 suara sekaligus mengantarkannya menjadi Wakil Ketua DPRD Kota Padang Sidimpuan.

Partai Gerindra Padang Sidimpuan pada Pemilu 2009 lalu berhasil meraih empat kursi di DPRD Kota Padang Sidimpuan. Selain H. Rusydi Nasution, ada tiga kader parpol yang menjadi wakil rakyat di DPRD Kota Padang Sidimpung; Mochamad Halid Rahman dari dapil Kota Padang Sidempuan 1 memperoleh 2.342 suara, Khoiruddin Siagian juga dari dapil Kota Padang Sidempuan 1 dengan perolehan suara 1.891, dan Noni Paisah dari dapil Kota Padang Sidempuan 2 dengan perolehan suara 1.805.

Sekretaris Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Padang Sidimpuan,  Iswandy Arisandy, mendaftarkan bacaleg partainya ke KPU Kota Padang Sidimpuan.

Pada Pemilu 2019, perolehan suara Partai Gerindra Kota Padang Sidimpuan bertambah satu kursi setelah pada Pemilu sebelumnya hanya memperoleh 3 kursi. Untuk Pemilu 2024, H. Rusidy Nasution tidak menyinggung soal target Partai Gerindra Padang Sidimpuan, tetapi berharap peserta pemilu dan panitia penyelenggara bisa menjalankan tugas dan fungsinya sesuai prosedur masing-masing.

“Semoga dalam tugas dan fungsi masing-masing bisa berjalan dengan baik sehingga kita menghasilkan produk demokrasi yang berkualitas. Mari kita jalankan amanah dengan baik dan benar, Insya Allah semua akan kita pertaggungjawabkan pada akhirnya,” kata Rusydi.

Sebagaimana Partai Gerindra Kota Padang Sidimpuan yang memperoleh empat kursi di DPRD Kota Padang Sidimpuan pada Pemilu 2009 lalu,  Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Padang Sidimpuan juga mendapatkan empat kursi dan menempatkan Ketua PAN Kota Padang Sidimpuan, Erwin Nasution, MM, sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Padang Sidimpuan periode 2009-2024.

Sekretaris PAN Kota Padang Sidimpuan, Iswandy Arisandy S.Ak, yang telah mendaftarkan bacaleg partai tersebut ke KPU Kota Padang Sidimpuan, mengatakan PAN Kota Padang Sidimpuan menargetkan dapat memperoleh 6 kursi di DPRD Kota Padang Sidimpuan periode 2024-2029 mendatang. Mengajukan 30 bacalag, PAN Kota Padang Sidimpuan meyakini empat kader partai yang memenangi kursi DPRD Kota Padang Sidimpuan pada Pemilu 2029 lalu sebagai andalam mendulang suara publik konstituen.

Pada Pemilu 2019 lalu, empat kader PAN Kota Padang Sidimpuan yang duduk di DPRD Kota Padang Sidimpuan periode 2019-2024 adalah Erpi J. Samudra Dalimunthe dari dapil Kota Padang Sidempuan 1 memperoleh 1.368 suara, Adianto dari dapil Kota Padang Sidempuan 2 memperoleh 2.657 suara, Iswandy Arisandy dari dapil Kota Padang Sidempuan 2 memperoleh 1.948 suara, dan Erwin Nasution dari dapil Kota Padang Sidempuan 3 memperoleh 1.858 suara.

Ketua Partai Golkar Kot Padang Sidimpuan, Irsan Efendi Nasution, bersama Sekretaris Siswan Siswanto mengajukan bacaleg partai tersebut kepada KPU Kota Padang Sidimpuan.

Sementara Partai Golkar Kota Padang Sidimpuan yang memperoleh enam kursi pada Pemilu 2019 lalu, mengajukan 30 bacaleg, diantar langsung oleh Ketua Partai Golkar Kota Padang Sidimpuan, Irsan Efendi Nasution yang juga Wali Kota Padang Sidimpuan, dan didampingi Sekretaris Partai Golkar Kota Padang Sidimpuan, Siswan Siswanto, yang juga Ketua DPRD Kota Padang Sidimpuan periode 2019-2024.

Sebagai Ketua DPRD Kota Padang Sidimpuan, Siswan Siswanto pada Pemilu 2019 menjadi caleg di dapil Kota Padang Sidimpuan 3 dengan perolehan suara 1.103 bersama Siti Mariamyang juga dari dapil Kota Padang Sidimpuan 3 dan memperoleh 1.811 suara. Tiga kader Partai Golkar Kota Padang Sidimpuan lainnya berasal dari dapil Kota Padang Sidimpuan 1 seperti: Abdul Haris Nasution memperoleh 2.755suara, Ahmad Maulana Harahap 1.601 suara, dan Arjuna Sari Nasution memperoleh 1.555 suara. Sementara satu kader lainnya, Madnur Siregar berasal dari dapil Kota Padang Sidempuan 2 dengan perolehan suara 1.424.

Selain tiga parpol yang menduduki posisi pimpinan di DPRD Kota Padang Sidimpuan periode 2019-2024, ada delapan parpol lagi yang berambisi akan memangi Pemilu 2024 mendatang. Partai Bulan Bintang (PBB) yang hanya memperoleh satu kursi pada Pemilu 2019, yakni Parsaulian Lubis dari dapil  Kota Padang Sidempuan 2 dengan perolehan 2.134 suara, memiliki target meraih tiga kursi dalam Pemilu 2024 mendatang. 

"Target kita dapat satu fraksi di DPRD Kota Padang Sidimpuan," kata Ketua Partai Bulan Bintang Kota Padang Sidempuan, Parsaulian Lubis.

Optimisme serupa juga diungkapkan Ketua DPC PPP Kota Padang Sidempuan, Hasanuddin Sipahutar, saat menyerahkan berkas bacaleg ke KPU Kota Padang Sidimpuan. "Kami menargetkan empat kursi dari tiga dari di Kota Padang Sidimpuan," ucap Hasanuddin Sipahutar, yang hanya mendaftarkan 18 orang bacaleg yang akan maju di Pemilu 2024. 

Tidak ada komentar

Beranda