.

Ongkos Haji Sumatra Utara Tahun Ini Sebesar Rp85.4 Juta

Penulis: Lumongga Harahap | Jurnalis Sinar Tabagsel di Jakarta

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief

Ongkos naik haji tahun 1444 H/2023 M para calon jemaah asal Provinsi Sumatra Utara yang berangkat dari embarkasih Kualanamu di Kota Medan sebesar lebih Rp85,4 juta. Pada Senin, 10 April 2023, para calon jemaah sudah bisa melakukan pelunasan biaya. 

"Keputusan ini sejalan dengan terbitnya Keputusan Presiden (Keppres) tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk tahun ini," kata 

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama RI,  Hilman Latief, saatmembuka Bimbingan Teknis Tugas dan Fungsi PPIH Arab Saudi Tahun 1444 H/2023 M di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat, 7 April 2023.

Hilman mengatakan, tahun ini pemberangkatan haji melalui 14 embarkasi se-Indonesia. Ada 65 ribu-67 ribu calon jemaah dan dikategorikan lansia dari 221 ribu calon jemaah yang akan diberangkatkan. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken Keputusan Presiden (Keppres) tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi yang Bersumber dari Biaya Perjalanan Ibadah Haji dan Nilai Manfaat. Berdasarkan salinan yang diterima Sinar Tabagsel, Kepala Negara meneken Keppres Nomor 7 Tahun 2023 tersebut  pada Kamis, 6 April 2023. 

Beleid tersebut mengatur biaya haji per embarkasi, serta biaya yang harus dibayarkan oleh para calon jemaah haji. "Menetapkan Biaya Penyelenggaraan lbadah Haji atau BPIH Tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi yang bersumber dari Biaya Perjalanan Ibadah Haji atau Bipih dan Nilai Manfaat," demikian diktum pertama Keppres tersebut. 

Lebih lanjut, besaran BPIH pada tahun ini ditetapkan dalam rentang Rp84,6 juta—Rp93,07 juta dimana angka ini tergantung asal embarkasi calon jemaah. Adapun, biaya haji atau BPIH tersebut diperoleh dari jemaah haji, petugas haji daerah atau PHD, dan pembimbing kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah atau KBIHU. 

Besaran BPIH sebagaimana dimaksud dalam Diktum KELIMA dipergunakan untuk biaya penerbangan haji; biaya hidup (liuing cost); sebagian biaya layanan Arafah, Mudzalifah, dan Mina. 


Tidak ada komentar

Beranda