.

Desa Sisundung Rayakan Kemenangan sebagai Juara 1 PTP2W-KSS Tingkat Sumut

Penulsi: Ahmad S. Piliang | Editor: Efry Nasaktion

MANGULOSI. Masyarakat Desa Sisundung menyambut Bupati Tapsel Dolly Pasaribu dan Ketua TP PKK Tapsel, Rosalina Dolly Pasaribu, dengan menyelempangkan ulos kepada keduanya.

Masyarakat Desa Sisundung merayakan terpilihnya desa mereka menjadi Juara 1 PTP2W-KSS (Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera) Tahun 2021 tingkat Provinsi Sumatra Utara. Pada Senin, 10 Januari 2022, perayaan yang ditandai penyembelihan seekor lembu itu dihadiri Bupati Tapanuli Selatan, H. Dolly Pasaribu, beserta Ketua PKK Tapanuli Selatan, Rosalina Dolly Pasaribu.

Kehadiran Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Pasaribu, dan Ketua TP PKK Tapsel, Rosalina Dolly Pasaribu, beserta rombongan berupa Kepala OPD (organisasi pemerintah daerah), disambut masyarakat Desa Sisundung dengan suka cita.  Kepala Desa Sisundung, Iqbal, dan para tokoh adat dan tokoh agama menyelempangkan ulos sebagai tanda godang ni roha (suka cita) kepada Bupati tapsel dan Ketua TP PKK Tapsel.  

Desa Sisundung di Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, mendadak jadi pusat perhatian setelah Ketua Tim Penggerak PKK Sumatra Utara, Nawal Lubis, mengumumkan desa tersebut mendapat Juara 1 tingkat Provinsi Sumut dalam pelaksanaan PTP2W-KSS 2021 pada Desember 2021 lalu. 

Sertifikat penghargaan sebagai juara 1 diserahkan Ketua TP PKK Sumut kepada Ketua PKK Tapanuli Selatan, Rosalina Dolly Pasaribu. Dari Ketua TP PKK Tapasel, sertifikat itu kemudian diserahkan langsung kepada Kepala Desa Sisundung dan Ketua PKK Desa Sisundung di Kantor Bupati Tapsel di Sipirok.

MOTIVASI. Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu, memotivasi masyarakat Desa Sisundung agar terus mendukung program pemerintah daerah yang dijalankan oleh Kepala Desa Sisundung.

Prestasi yang diperoleh Desa Sisundung ini menjadi prestasi pertama tingkat Provinsi Sumut di masa kepempimpinan Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel, Rosalina Dolly Pasaribu. Desa Sisundung menjadi juara 1 mengalahkan 5.416 desa yang ada di Provinsi Sumut, karena dinilai mampu melakukan berbagai program inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan kaum perempuan desa. 

"Kami jadi juara pertama. Kemenangan ini tidak pernah kami duga," kata Kepala Desa Sisundung, Iqbal, saat ditemui di Desa Sisundung, Senin  (10/1). 

Desa Sisundung berpenduduk 1.792 jiwa yang menyebar di lima dusun. Jumlah penduduk laki-laki dengan perempuan hampir sebanding dengan jumlah keluarga sebanyak 360 keluarga. Secara geografis, desa yang merupakan sentra produksi salak ini berada di kaki Gunung Sanggarudang. Desa ini juga merupakan daerah perlintasan jalur Desa Sigumuruh, Kecamatan Angkola Barat, menuju Desa Tandihat, Kecamatan Angkola Selatan. 

Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Pasaribu, menyampaikan rasa syukur atas prestasi Desa Sisundung. Dia berharap, masyarakat Desa Sisundung terus mendukung Kepala Desa Sisundung dalam mengembangkan pembangunan desa. "Jika masyarakat mendukung Kepala Desa, saya yakin Desa Sisundung akan mendapat prestasi-prestasi lainnya," katanya. *


Tidak ada komentar

Beranda